Home Terbaru Sri Mulyani Sebut Anggaran Mitigasi Perubahan Iklim Terus Merosot

Sri Mulyani Sebut Anggaran Mitigasi Perubahan Iklim Terus Merosot

Berita, Populer, Terbaru March 30, 2021 12:49 pm
IDNpos.com – Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengakui anggaran dana untuk mitigasi dan juga serta adaptasi perubahan iklim jumlahnya terus mengalami penurunan. Berdasarkan catatannya pada 2018-2020 pemerintah mengalokasikan anggaran perbuhan iklim sebesar Rp307,94 triliun.
Namun jika dilihat porsinya mengalami tren penurunan. Misalnya saja pada 2018 alokasi anggaran perubahan iklim sebesar Rp132,47 triliun dengan realisasinya sebesar Rp126,04 triliun.
Kemudian di 2019 alokasi anggarannya turun menjadi Rp97,66 triliun dengan realisasinya Rp83,54 triliun. Selanjutnya di 2020 alokasi anggarannya kembali turun pada level Rp77,71 triliun.
“kami berharap seluruh komitmen Indonesia melalui APBN ini terus dijaga dan juga serta menjadi show keys namun tentu tidak memadai selama pemda tidak ikut berpartisipasi,” kata Ia di dalam Webinar Pendanaan Publik Perubahan Iklim di Tingkat Nasional dan juga serta Daerah untuk Pencapaian NDC, Hari Selasa (30/3).
Oleh sebab itu, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berharap para pemerintah di daerah dapat ikut berkomitmen melakukan pendanaan untuk mitigasi dan juga serta adaptasi perubahan iklim melalaui APBD.
“Belanja APBN ke pemda melalui transfer daerah ditujukan untuk mendukung program climate change. kami terus memperbaiki formulasi kebijakan transfer ke daerah supaya makin memberikan dukungan mengatasi tantangan perubahan iklim,” tegasnya. [azz]

Sumber Referensi & Artikel : M E R D E K A
Saksikan video pilihan berikut ini:

Baca Juga :  Panglima Hadi Siapkan 9.176 Vaksinator Covid-19 dari Anggota TNI
#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video