Home Terbaru Pemerintah tetapkan kurang bayar dan juga lebih bayar DBH tahun 2021

Pemerintah tetapkan kurang bayar dan juga lebih bayar DBH tahun 2021

Populer kabar Video March 30, 2021 12:50 pm

Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

IDNpos – JAKARTA. Kementerian Keuangan menetapkan jumlah akumulasi kurang bayar, lebih bayar, dan juga serta alokasi sementara kurang bayar Dana Bagi Hasil (DBH) untuk setiap daerah provinsi, kabupaten, atau kota di tahun 2021. 

Penetapan tersebut tertuang di dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no. 25/PMK.07/2021 yg meliputi kurang bayar DBH pajak bumi dan juga serta bangunan (PBB) sektor pertambangan minyak bumi dan juga serta gas bumi tahun anggaran 2019. 

Kemudian, lebih bayar DBH sampai dengan tahun anggaran 2018, lebih bayar DBH tahun anggaran 2019, dan juga serta alokasi sementara kurang bayar DBH tahun anggaran 2020. 

Baca serta: Sri Mulyani cerita soal penanganan pandemi Corona ke Menlu Singapura

Baca Juga :  Jaga Produktivitas, Pemkab Banyuwangi Keliling Periksa Ternak Gratis

Terperinci, kurang bayar DBH PBB Sektor Pertambangan Minyak Bumi dan juga serta Gas Bumi tahun anggaran 2019 tercatat sebesar RP 3,44 triliun dan juga serta terdiri berasal dari bagian daerah sebesar Rp 3,32 trilun dan juga serta biaya pemungutan sebesar Rp 121,40 miliar. 

Untuk lebih bayar DBH sampai dengan tahun anggaran 2018 tercatat sebesar Rp 6,61 triilun dan juga serta terdiri berasal dari lebih bayar DBH Pajak Penghasilan (PPh), lebih bayar DBH PBB, lebih bayar DBH Cukai Hasil Tembakau (CHT)

Kemudian, terdapat lebih bayar DBH Sumber Daya Alam (SDA) Minyak Bumi dan juga serta Gas Bumi, lebih bayar DBH SDA mineral dan juga serta batubara, lebih bayar DBH SDA Panas Bumi, lebih bayar DBH SDA Kehutanan, dan juga serta lebih bayar DBH SDA Perikanan. 

Baca Juga :  Diisukan Renggang, Hubungan Prabowo-Anies Dipastikan Baik-Baik Saja

Sementara itu, lebih bayar DBH Tahun Anggaran 2019 tercatat sebesar Rp 1,04 triliun dan juga serta terdiri berasal dari lebih bayar DBH PBB, lebih bayar DBH SDA MInyak Bumi dan juga serta Gas Bumi, Lebih Bayar DBH SDA minerba, DBH SDA Panas bumi, dan juga serta DBH SDA Kehutanan. 

Untuk alokasi sementara kurang bayar DBH Tahun anggaran 2020 ditetapkan sebesar Rp 9,91 triliun dan juga serta terdiri berasal dari DBH Pajak sebesar Rp 7,9 triliun dan juga serta kurang bayar DBH SDA sebesar Rp 2,01 triliun. 

Baca serta: Bulog proyeksi serapan beras sampai Mei cuma 600.000 ton, ini kata pengamat

Pada saat beleid yg resmi diundangkan 22 Maret 2021 berlaku, ini mencabut 52 PMK terdahulu. 

Baca Juga :  Larangan mudik 2021, begini dampaknya ke perputaran uang saat Lebaran

dan juga penyaluran kurang bayar serta penyelesaian kurang bayar dan juga serta lebih bayar akan ditetapkan dengan Keputusan Menteri Keuangan yg ditandatangani dari Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan atas nama Menteri Keuangan. 

Namun sebelumnya, penyelesaian lebih bayar DBH diperhitungkan di dalam penyaluran kurang bayar DBH dengan mempertimbangkan peta kapasitas fiskal daerah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yg berkualitas dan juga serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yg dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber Referensi & Artikel : K O N T A N
Saksikan video pilihan berikut ini:

#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video