Home Terbaru KTT ke-10 D8 hasilkan dua dokumen penting

KTT ke-10 D8 hasilkan dua dokumen penting

Populer kabar Video April 9, 2021 6:49 am

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Herlina Kartika Dewi

IDNpos – JAKARTA. Konferensi Tingkat Tinggi ke-10 negara Developing 8 atau D8 menghasilkan dua dokumen penting.

KTT yg dihadiri Presiden Joko Widodo secara virtual tersebut menghasilkan Dhaka Declaration dan juga serta Decennial Roadmap 2020-2030. 

Dhaka Declaration dinilai dapat mendorong daya tawar organisasi ke depan.

“Dhaka Declaration merupakan deklarasi yg berisikan komitmen politis arah D-8 ke depan untuk terus bekerjasama di bidang ekonomi pembangunan dan juga serta meningkatkan daya tawar organisasi di tingkat global,” ungkap Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di dalam konferensi pers Setelah mendampingi presiden di Istana Negara, Hari Kamis (8/4).

Baca Juga :  Ditagih Lantaran Nunggak 3 Bulan, Wanita Ini Bunuh Ibu Kosnya

Sementara Decennial Roadmap for 2020-2030 merupakan pedoman dan juga serta rencana waktu yg disusun negara anggota D-8 untuk mencapai komitmen yg telah ditetapkan di dalam Dhaka Declaration selama satu dekade ke depan.

Baca serta: Hadiri KTT D8, Jokowi bahas vaksin sampai investasi

Retno mengemukakan bahwa di dalam KTT ini, para pemimpin D-8 memiliki pandangan yg serupa mengenai kerja sama untuk menangani pandemi virus corona (Corona). Selain itu serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi bagi negara-negara anggota.

“Situasi pandemi dan juga serta usaha untuk bekerja sama menangani pandemi dan juga serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi mendominasi pandangan para pemimpin D-8 di dalam KTT tadi,” terangnya.

Baca Juga :  Atasi Stunting, Calon Pengantin Harus Lapor Tiga Bulan Sebelum Nikah

KTT yg digelar Hari Kamis (8/4) merupakan puncak rangkaian pertemuan D-8 selama empat hari yg dimulai berasal dari tanggal 5 April 2021. Rangkaian acara tersebut terdiri atas pertemuan komisioner, pertemuan tingkat menteri luar negeri, dan juga serta berbagai side event seperti youth summit dan juga serta business forum.

KTT ke-10 D8 serta menghasilkan sejumlah prakarsa. Antara yg lain soft launching D-8 Payment Card, D-8 Network of Pioneer for Research also Innovation, dan juga serta D-8 Creative, Economy, also Financial Center.

Sebagai informasi, D8 didirikan pada tanggal 15 Juni tahun 1997 lalu untuk menghimpun kekuatan ekonomi negara-negara berpenduduk muslim di dalam Organisasi Kerja sama Islam (OKI). Anggota D8 antara yg lain Indonesia, Bangladesh, Turki, Iran, Malaysia, Mesir, Pakistan, dan juga serta Nigeria.

Baca Juga :  Simak empat tuntutan dari demo buruh yang berlangsung hari ini (12/4)

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yg berkualitas dan juga serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yg dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber Referensi & Artikel : K O N T A N
Saksikan video pilihan berikut ini:

#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video