Home Terbaru KPPU minta Lion Air penuhi panggilan sebagai saksi kasus mitra tiket umrah

KPPU minta Lion Air penuhi panggilan sebagai saksi kasus mitra tiket umrah

Populer kabar Video March 29, 2021 9:48 pm

Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Yudho Winarto

IDNpos – JAKARTA. Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) meminta PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) memenuhi panggilan persidangan.

Lion Air dipanggil sebagaimana saksi di dalam Dugaan Praktek Diskriminasi PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk terkait Pemilihan Mitra Penjualan Tiket Umrah menuju dan juga serta berasal dari Jeddah dan juga serta Madinah. Panggilan Lion Air merupakan panggilan pertama di dalam perkara tersebut.

Baca Juga :  BMKG Sudah Pantau Aktivitas Sesar Lembang sejak 1963

“Atas panggilan sidang KPPU, Lion Air tidak memberikan konfirmasi kehadiran apa pun terkait panggilan tersebut,” ungkap Kepala Panitera Sekretariat KPPU Ahmad Muhari di dalam siaran pers, Hari Senin (29/3).

Lion Air di dalam perkara itu merupakan salah satu saksi berasal dari pihak Majelis Komisi. Hal itu guna memperkuat alat bukti adanya praktek diskriminasi yg dilakukan Garuda Indonesia di dalam pemilihan mitra penjualan tiket umrah.

Baca serta: KPPU: Lion Air Group lakukan diskriminasi di dalam penjualan kapasitas kargo barang

Baca Juga :  Viral di Medsos, Sejumlah Selebgram Asyik Joget Massal Tanpa Prokes

KPPU mengimbau supaya Lion Air bersikap kooperatif di dalam kasus tersebut. Pasalnya di dalam Undang-Undang nomor 5 tahun 1999, pelaku usaha wajib untuk memenuhi panggilan KPPU.

“Pelaku usaha dilarang menolak diperiksa, menolak memberikan info yg diperlukan di dalam penyelidikan dan juga serta atau pemeriksaan, atau menghambat proses penyelidikan dan juga/atau pemeriksaan,” terangnya.

Bila hal tersebut dilanggar, maka KPPU dapat menyerahkan kepada penyidik. Nantinya penyidik dapat melakukan penyidikan sesuai dengan ketentuan yg berlaku.

Baca Juga :  Lirik Lagu Aku Cinta Kau Dan Dia - Dewa 19

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yg berkualitas dan juga serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yg dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber Referensi & Artikel : K O N T A N
Saksikan video pilihan berikut ini:

#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video