Home Terbaru KPK Cegah 3 Orang ke Luar Negeri Terkait Kasus Korupsi Dinsos Bandung...

KPK Cegah 3 Orang ke Luar Negeri Terkait Kasus Korupsi Dinsos Bandung Barat

Berita Populer Terkini March 30, 2021 12:48 am

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencegah tiga orang, yg diduga terlibat korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi CVD 19 pada Dinas Sosial (Dinsos) Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020, untuk bepergian ke luar negeri.

“KPK telah mengirimkan surat ke Ditjen Imigrasi Kumham RI untuk melakukan pelarangan ke luar negeri selama 6 bulan ke depan terhitung sejak tanggal 26 Februari 2021 terhadap 3 orang yg memiliki peran penting terkait perkara,” ungkap Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri di dalam keterangannya, Hari Senin (29/3/2021).

Ali menjelaskan, pencegahan ke luar negeri tersebut di dalam rangka kepentingan pemeriksaan.

Baca Juga :  Butuh uang untuk beli vaksin Covid-19, Wamenkeu Suahasil minta masyarakat bayar pajak

“Agar saat diperlukan untuk dilakukan pemanggilan dan juga serta pemeriksaan pihak-pihak tidak sedang berada di luar negeri sehingga dapat kooperatif hadir memenuhi panggilan penyidik KPK,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, KPK mengakui pihaknya saat ini sedang mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan bantuan sosial (bansos) untuk penanganan Corona di Kabupaten Bandung Barat tahun 2020. Kasus yg diawali berasal dari proses penyelidikan itu saat ini telah masuk di dalam tahap penyidikan.

Sejalan dengan ditingkatkannya kasus ini berasal dari tahap penyelidikan ke penyidikan, KPK telah menetapkan sejumlah pihak sebagaimana tersangka. Namun, KPK masih enggan membeberkan secara detail siapa saja yg menjadi tersangka di dalam kasus ini.

Baca Juga :  Dukung Program 100 Hari Kapolri Sigit, Kabaharkam Kumpulkan Para Jenderal

“KPK memastikan akan menyampaikan detail perkara dan juga serta pihak-pihak yg ditetapkan sebagaimana tersangka setelah penyidikan cukup dan juga serta kemudian usaha paksa penahanam terhadap para tersangka dimaksud dilakukan,” kata Ali.

Baca serta : Pejabat Kemensos Simpan Uang Miliaran Indonesia IDR di Lemari

Tidak cuma itu, sebelumnya surat perintah penyidikan (sprindik) kasus ini diduga bocor ke publik. berasal dari sprindik yg tersebar itu, berisi pemberitahuan dimulainya penyidikan terhadap Andri Wibawa terkait dugaan kasus pengadaan bantuan sosial Corona pada Dinas Sosial KBB Tahun 2020. di dalam surat bernomor Sprin.Dik/18/Dik.00/01/02/2021 itu, Andri Wibawa telah ditetapkan tersangka.

Baca Juga :  Dua Remaja Putri Tewas Tenggelam di Sungai

Andri diduga melakukan korupsi secara bersama-sama dengan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna yg merupakan bapak berasal dari Andri. dan juga serta turut menyeret Pemilik PT Jagat Dir Gantara dan juga serta CV Sentral Sayuran Garden City Lembang bernama Totoh Gunawan.

Sumber Referensi & Artikel : O K E Z O N E
Saksikan video pilihan berikut ini: