Home Terbaru KBRI Bantu Kepulangan WNI Asal Medan usai 16 Bulan Dirawat di Qatar

KBRI Bantu Kepulangan WNI Asal Medan usai 16 Bulan Dirawat di Qatar

Berita, Populer, Terbaru April 9, 2021 3:46 am
IDNpos.com – Muhammad Khairul Arbi, seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) atau Warga Negara Indonesia (WNI) asal Medan mengalami kecelakaan kerja di Qatar. Setelah 16 bulan menjalani perawatan di sana, Arbi akhirnya pulang dan juga serta melanjutkan perawatan medis di Tanah Air.
“Arbi yg bekerja di perusahaan Qatar Gas tersebut mengalami kecelakaan saat pelatihan Helicopter Underwater Escape Training (HUET). Akibatnya, ia terkena stroke dan juga serta mesti dirawat intensif selama 16 bulan di Qatar. Beruntung Arbi ialah pekerja legal dan juga serta prosedural, sehingga perusahaan bersedia menanggung seluruh pengobatan Arbi selama kurun waktu yg panjang tersebut,” kata Atase Tenaga Kerja Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Doha, Muchammad Yusuf di dalam keterangannya kepada IDNPOS.com, Hari Kamis (8/4).
Menurutnya, mendapat perawatan di tempat yg jauh dan juga serta di dalam durasi waktu lama, tetap bukan merupakan hal yg mudah bagi keluarga. dari karena itu, atas pertimbangan kemanusiaan, keluarga memutuskan untuk memindahkan perawatan Arbi ke Indonesia.
KBRI Doha yg mendapat permohonan pihak keluarga, kemudian melakukan koordinasi dengan berbagai pihak di Qatar. Akhirnya, pada tanggal 25 Maret 2021, KBRI sukses memfasilitasi kepulangan Arbi dengan biaya sepenuhnya berasal dari pihak perusahaan. di dalam proses pemulangan tersebut, pihak rumah sakit di Qatar menyertakan tiga staf medis untuk mendampingi Arbi sampai ke Indonesia.
“di dalam hal ini, koordinasi tidak cuma dijalin dengan pihak-pihak di Qatar tetapi serta di Indonesia seperti Kemnaker, Ditjen Imigrasi, BP2MI, Polri, maskapai dan juga serta rumah sakit,” ujarnya.
Pemulangan tersebut dilakukan setelah KBRI memastikan bahwa hak-hak keuangan yg bersangkutan dipenuhi dari perusahaan.
Dubes RI di Qatar, Ridwan Hassan menambahkan, kemudahan proses pemulangan tersebut tidak terlepas berasal dari status Arbi yg merupakan pekerja legal dan juga serta prosedural.
“Belajar berasal dari hal ini kami tidak henti-hentinya mengimbau supaya Pekerja Migran Indonesia di luar negeri, khususnya di Qatar selalu mematuhi ketentuan dan juga serta prosedur yg berlaku,” pungkasnya. [cob]

Sumber Referensi & Artikel : M E R D E K A
Saksikan video pilihan berikut ini:

Baca Juga :  700 Warga Solo Terima Bansos, Dipantau Menko PMK Muhadjir dan Mensos Risma
#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video