Home Terbaru IMF soroti utang dan juga bantuan sosial

IMF soroti utang dan juga bantuan sosial

Populer kabar Video April 8, 2021 9:48 am

Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Adinda Ade Mustami

idnpos.com-JAKARTA. Pandemi Corona menyebabkan ruang fiskal sejumlah negara menjadi semakin terbatas. Termasuk Indonesia.

Indonesia pun mengambil keputusan untuk memperlebar defisit anggaran sampai lebih berasal dari 3% berasal dari produk domestik bruto (PDB) untuk tahun 2020 sampai tahun 2022 mendatang. Utang dipilih untuk menutup pelebaran defisit anggaran Karena dampak Corona.

Baca serta: Proyeksi Ekonomi IMF: Pertumbuhan Ekonomi RI lebih lambat berasal dari Vietnam dan juga serta Filipina

Baca Juga :  Dikeluarkan dari prolegnas, pemerintah disebut tak setujui revisi UU Pemilu

International Monetary Fund (IMF) menyoroti pengelolaan utang negara-negara dengan ruang fiskal terbatas. di dalam laporan bertajuk World Economic Outlook, Managing Divergent Recoveries edisi April 2021, IMF menilai, pengeluaran yg luar biasa Karena pandemi Corona, penting diimbangi keberlanjutan pengelolaan utang dan juga serta menjaga kredibilitas kebijakan fiskal yg berkelanjutan.

“Sampai pandemi berakhir, kebijakan fiskal mesti tetap mendukung. Tentu ruang fiskal di beberapa negara menjadi terbatas. di dalam kasus seperti ini, pengeluaran yg luar biasa penting diimbangi keberlanjutan utang yg kredibel,” terang IMF di dalam laporan tersebut.

Baca Juga :  Peringatan HPN, Ketua DPR Harap Pers Jadi Sumber Inspirasi Bangkit dari Pandemi

Baca serta: IMF naikkan lagi proyeksi pertumbuhan ekonomi global tahun ini menjadi 6%

Namun, bagi negara-negara dengan ruang fiskal yg cukup lebar, kebijakan fiskal mesti terus berlanjut. Misalnya, bantuan sosial termasuk bantuan langsung tunai untuk rumah tanggga yg terdampak corona, program bantuan furlough (cuti kerja) bagi sektor bisnis.

Namun, “Program semacam itu mesti dikalibrasi dengan baik dan juga secara bertahap dihapuskan seiring dengan adanya kenaikan permintaan,” tambah IMF.

Baca Juga :  Tekan Covid-19, Tiga Pilar Jakarta Pusat Siap Buat Polisi Kampung Tangguh Jaya

 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yg berkualitas dan juga serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yg dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber Referensi & Artikel : K O N T A N
Saksikan video pilihan berikut ini:

#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video