Home Terbaru Ekonom UI jabarkan dampak insiden Terusan Suez dan juga kebakaran di Kilang...

Ekonom UI jabarkan dampak insiden Terusan Suez dan juga kebakaran di Kilang Balongan

Populer kabar Video March 30, 2021 9:49 am

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

IDNpos – JAKARTA. Ekonom makroekonomi dan juga serta market keuangan LPEM FEB UI Teuku Riefky melihat, insiden terjepitnya kapal Ever Given-Evergreen yg membuat Terusan Suez tersumbat dan juga serta insiden kebakaran pada tanki T-301 di Kilang Balongan dapat memengaruhi kondisi impor Indonesia.

Riefky menjabarkan, terhambatnya arus lalu lintas pada terusan ini tentu akan memengaruhi distribusi perdagangan, termasuk minyak.

Meski cuma beberapa hari, Riefky tetap melihat adanya potensi peningkatan harga minyak Karena tersendatnya distribusi. Namun, sebagaimana catatan, bukan cuma insiden ini yg dapat meningkatkan harga minyak ke depan. Tetapi serta adanya peningkatan permintaan global dan juga serta terbatasnya supply minyak.

Baca Juga :  Pegawai KPK Nekat Mencuri Emas Batangan Barbuk Kasus Korupsi

Kemudian, insiden terbakarnya kilang minyak Balongan diprediksi akan mengurangi persediaan minyak terutama ke Jawa yg merupakan pusat aktivitas Indonesia. Dengan berkurangnya persediaan minyak, terdapat potensi Indonesia bakal mengimpor minyak untuk memenuhi kebutuhan.

Nah, di tengah kondisi harga minyak yg naik dan juga serta terdapat potensi impor minyak di tengah persediaan yg terancam, maka terdapat risiko peningkatan nilai impor yg mengancam tekornya neraca perdagangan.

Baca serta: Ini dampak insiden Terusan Suez dan juga serta kebakaran Kilang Balongan terhadap impor minyak

Kabar baiknya, Riefky bilang risiko ini dapat diminimalisir dengan langkah mitigasi berasal dari pemerintah dan juga serta Pertamina. Ia optimistis, pemerintah pasti telah menyiapkan langkah mitigasi untuk menutupi kehilangan minyak Karena insiden tersebut.

Baca Juga :  Pemerintah Uji Coba Sertifikat Tanah Elektronik di Jakarta dan Surabaya

“Apakah akan dialihkan pada kilang yg lain? Apakah nanti kilang Balongan akan direparasi? Ini semua akan tergantung pada strategi pemerintah. apabila tidak dapat secara cepat, maka mau gak mau kami mesti impor,” kata Riefky kepada idnpos.com, Hari Senin (29/3).

Kemungkinan terburuk, apabila pemerintah tak sigap untuk mengatasi hal ini, dikhawatirkan kondisi aktivitas ekonomi di dalam negeri dapat terkena imbasnya. Apalagi, sektor ekonomi yg membutuhkan bahan bakar untuk bergerak seperti perdagangan dan juga serta transportasi, dapat terjegal bila supply bahan bakar tak memadai.

Dampak pada ekonomi makro serta dapat dirasakan pada inflasi, terutama inflasi di kuartal II-2021. terdapat risiko peningkatan inflasi tetapi bukan inflasi yg mencerminkan daya beli.

Baca Juga :  6 WNA di Kuta Bali Didenda Rp 1 Juta karena Tak Pakai Masker

Risiko inflasi inilah yg disebut sebagaimana cost push inflation, atau inflasi yg memang karena harga yg meningkat di tengah persediaan yg terbatas.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yg berkualitas dan juga serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yg dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber Referensi & Artikel : K O N T A N
Saksikan video pilihan berikut ini:

#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video