Home Terbaru Ekonom CORE sebut peningkatan aktivitas ekonomi dorong peningkatan keyakinan konsumen

Ekonom CORE sebut peningkatan aktivitas ekonomi dorong peningkatan keyakinan konsumen

Populer kabar Video April 8, 2021 9:48 pm

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

IDNpos – JAKARTA. Danareksa Research Institute (DRI) mencatat adanya peningkatan keyakinan konsumen di bulan Maret 2021. Ini terlihat berasal dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2021 yg naik 0,1% mom berasal dari 74,8 menjadi 74,9 pada bulan tersebut.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy mengatakan, perbaikan keyakinan konsumen salah satunya disebabkan tak lepas berasal dari mulai meningkatnya aktivitas ekonomi.

“Seperti, permintaan barang dan juga serta jasa yg meningkat, lalu terdapat peningkatan impor yg serta seiring peningkatan aktivitas industri manufaktur,” kata Yusuf kepada idnpos.com, Hari Kamis (7/4).

Baca Juga :  KPPU minta Lion Air penuhi panggilan sebagai saksi kasus mitra tiket umrah

Bila aktivitas ekonomi ini dapat dipertahankan dan juga serta bahkan dapat kembali meningkat, maka ke depan akan menambah kepercayaan masyarkat, terutama ekspektasi akan prospek ekonomi ke depan.

Tak cuma itu, saat ini pun terlihat kasus aktif Corona makin melandai, pun beberapa perusahaan telah mulai mengurangi pemutusan hubungan kerja (PHK), dan juga serta bahkan terdapat beberapa yg telah mulai membuka lowongan pekerjaan.

Baca serta: Survei DRI: Keyakinan konsumen bulan Maret 2021 meningkat

Baca Juga :  PPP Ingin Pilkada Tetap Digelar Serentak 2024, Tak Mau UU 10/2016 Mubazir

“Bila ini terus berlanjut, maka tentu akan berdampak pada proses pemulihan ekonomi,” tambah Yusuf.

Meski memang kepercayaan konsumen meningkat, tetapi ini masih belum terdapat di zona optimistis atau indeks di atas 100. Nah, Yusuf melihat kepercayaan konsumen baru akan kembali ke zona optimistis pada semester II tahun ini.

Menurutnya, usaha mendorong IKK ini serta akan sangat sensitif terhadap usaha pemulihan ekonomi dan juga serta serta stimulus yg disalurkan dari pemerintah dan juga serta serta perkembangan Corona.

“Kecepatan penyaluran bantuan pemerintah tidak boleh terlewatkan. Sementara usaha pemulihan ekonomi serta akan sangat bergantung pada penanganan Corona bagus itu pencegahan maupun pada tahap vaksinasi,” tandasnya.

Baca Juga :  Mobil Bak Terbalik di Tol Dalam Kota, Lalu Lintas Tersendat

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yg berkualitas dan juga serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yg dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber Referensi & Artikel : K O N T A N
Saksikan video pilihan berikut ini:

#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video