Home Terbaru Ditjen Pajak Kemenkeu tunjuk Amazon sebagai pemungut PPN

Ditjen Pajak Kemenkeu tunjuk Amazon sebagai pemungut PPN

Populer kabar Video March 30, 2021 9:51 pm

Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Noverius Laoli

IDNpos –  JAKARTA. Direktur Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menunjuk empat perusahaan yg memenuhi kriteria sebagaimana pemungut pajak pertambahan nilai (PPN) perdagangan melalui sistem elektonik (PMSE) atas produk digital yg dijual kepada pelanggan di Indonesia. Empat pelaku usaha tersebut yakni:

1. Amazon.com.ca, Inc.
2. Image Future Investment (HK) Limited
3. Dropbox International Unlimited Company
4. Freepik Company S.L.

“Dengan penunjukan ini maka sejak 1 April 2021 para pelaku usaha tersebut akan mulai memungut PPN atas produk dan juga serta layanan digital yg mereka jual kepada konsumen di Indonesia,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan juga serta Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak Kemenkeu Neilmaldrin Noor, Hari Selasa (30/3).

Baca Juga :  Anies Ingatkan PSBB, Warganet: Ada Apa Pak Sebenarnya?

Adapun jumlah PPN yg mesti dibayar pelanggan ialah 10% berasal dari harga sebelum pajak dan juga serta mesti dicantumkan pada kuitansi atau invoice yg diterbitkan penjual sebagaimana bukti pungut PPN.

Baca serta: Berikut deretan kebijakan OJK, BI dan juga serta Kemenkeu untuk mendorong pertumbuhan kredit

Sebagai info, dengan penambahan empat perusahaan, maka jumlah total pemungut PPN PMSE yg telah ditunjuk DJP menjadi 57 badan usaha.

Baca Juga :  Tembok Rumah Keluarganya Roboh Timpa Rumah Warga, Dino Patti Djalal Siap Perbaiki

Neilmaldrin mengatakan Ditjen Pajak terus mengidentifikasi dan juga serta melakukan sosialisasi kepada sejumlah perusahaan yg lain yg menjual produk digital luar negeri ke Indonesia, sehingga diharapkan di dalam waktu dekat jumlah pelaku usaha yg ditunjuk sebagaimana pemungut PPN produk digital akan terus bertambah.

“Informasi lebih lanjut terkait PPN produk digital luar negeri, termasuk daftar pemungut, dapat dilihat di https://www.pajak.go.id/id/pajakdigital atau https://pajak.go.id/en/digitaltax (bahasa Inggris),” ungkap Neilmaldrin

Baca Juga :  Viral Foto Plang NU Ranting Petamburan, Ini Penjelasan PCNU Jakpus

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yg berkualitas dan juga serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yg dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber Referensi & Artikel : K O N T A N
Saksikan video pilihan berikut ini:

#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video