Home Terbaru BMKG Pastikan Tak Ada Sambaran Petir saat Kebakaran Kilang Minyak Indramayu

BMKG Pastikan Tak Ada Sambaran Petir saat Kebakaran Kilang Minyak Indramayu

Berita Populer Terkini March 30, 2021 12:48 am

JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan juga serta Geofisika (BMKG) menganalisis kejadian sambaran petir di sekitar tempat kilang minyak milik PT Pertamina RU VI di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, saat kebakaran melanda tepat tersebut pada Hari Senin (29/3/2021) dini hari.

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan juga serta Tanda Waktu BMKG, Rahmat Triyono, menjelaskan, pihaknya melakukan monitoring sekira Jam 00.00.02.00 WIB.

Berdasarkan hasil monitoring pihaknya, kerapatan petir berkumpul di bagian barat Balongan, sekira 77 km. Tingkat kerapatan petir tersebut sedang-tinggi.

Baca Juga :  KLHK Larang Limbah Medis Dibuang di TPA Sampah Rumah Tangga

“Menunjukkan kerapatan petir berkumpul pada bagian barat kilang minyak Balongan sejauh kurang lebih 77 km yaitu di sekitar Subang dengan klasifikasi tingkat kerapatan petirnya sedang-tinggi,” katanya di dalam keterangan tertulis.

Karena itu, ia mengatakan, pihaknya tidak mendeteksi adanya sambaran petir di sekitar tempat kilang minyak Balongan, Indramayu.

“Berdasarkan alat monitoring lightining detector yg berlokasi di BMKG Jakarta dan juga serta BMKG Bandung berasal dari Jam 00.00 s/d Jam 02.00 WIB, tidak terdeteksi adanya aktivitas sambaran petir di wilayah kilang minyak Balongan, Indramayu,” tuturnya.

Baca Juga :  Demokrat: Moeldoko Mengonfirmasi Pertemuan di Rumah amp; Hotel

Baca serta : Kebakaran Kilang Minyak Balongan Diduga Karena Kebocoran Tangki

Sebagaimana diketahui, kilang minyak di Balongan, Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Hari Senin (29/3/2021) dini hari. Karena kejadian itu, satu orang tewas, 20 terluka, serta 912 jiwa mengungsi pada Hari Senin pagi.

Baca serta : Api Masih Terus Berkobar di dalam Kebakaran Kilang Minyak Balongan

(erh)

Baca Juga :  ASN Diminta Kawal Janji Kampanye Kepala Daerah Terpilih di Pilkada 2020

Sumber Referensi & Artikel : O K E Z O N E
Saksikan video pilihan berikut ini: