Home Terbaru Bangun Jalur MRT Fase 2, Pemprov DKI Lakukan Pembebasan Lahan di Tiga...

Bangun Jalur MRT Fase 2, Pemprov DKI Lakukan Pembebasan Lahan di Tiga Lokasi

Berita, Populer, Terbaru March 30, 2021 3:48 pm
IDNpos.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan pembebasan lahan untuk pembangunan jalur Moda Raya Terpadu (MRT) Kota-Ancol Barat pada tahun ini. Lahan yg dibutuhkan seluas 196,292 meter persegi yg terletak di tiga lokasi.
“Pelaksanaan pengadaan tanah ini direncanakan pada tahun 2021 sampai dengan 2023,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo, Hari Selasa (30/3).
Tiga tempat lahan yg akan dibebaskan yaitu; Stasiun Mangga Dua, Kelurahan Mangga Dua Selatan, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Stasiun Ancol Marina, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara, Stasiun Ancol Barat, Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara.
Lebih lanjut, Ia menuturkan, pembangunan fisik jalur akan dimulai pada 2023, atau setelah proses pembebasan lahan selesai.
Syafrin mengatakan, pembiayaan atas pengadaan tanah ini berasal berasal dari APBD DKI Jakarta. Sementara untuk penempatan prasarana Stasiun MRT disesuaikan dengan kondisi lapangan yg didukung kajian teknis berasal dari PT MRT Jakarta.
Dasar hukum penentuan jalur MRT Kota-Ancol Barat berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 92 Tahun 2021 tentang Penetapan tempat Pembangunan Jalur Mass Rapid Transit (MRT) Koridor Kota – Ancol Barat.
Sedangkan dasar pembebasan lahan atau pengadaan lahan untuk jalur ini sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum.
Sebelumnya manajemen PT MRT Jakarta menyatakan pembebasan lahan untuk keperluan depo seluas 20 hektare di Ancol Barat, Jakarta Utara, sekitar Rp1,5 triliun, dan juga serta akan mulai dilakukan pada 2021 mendatang.
Pembebasan lahan yg berbarengan dengan pembangunan trase II-B jurusan Kota-Ancol ini sesungguhnya direncanakan dilakukan pada 2020, namun mesti ditunda Karena direalokasi untuk penanganan Corona.
“Rencana tahun depan (pembebasan lahan) karena tahun ini dapat dikatakan tidak terdapat pendanaan berasal dari Pemprov,” kata Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar saat dihubungi di Jakarta, Hari Kamis (9/7/2020). [fik]

Sumber Referensi & Artikel : M E R D E K A
Saksikan video pilihan berikut ini:

Baca Juga :  Ada 6.600 lebih perusahaan tertarik ikut vaksin gotong royong
#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video