Home Terbaru Apindo mengapresiasi wacana pemerintah mendorong pelaksanaan sekuritisasi aset

Apindo mengapresiasi wacana pemerintah mendorong pelaksanaan sekuritisasi aset

Populer kabar Video March 30, 2021 9:50 pm

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

IDNpos –  JAKARTA. Pimpinan umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengapresiasi wacana pemerintah untuk mendorong pelaksanaan sekuritisasi aset dengan memperkuat kerangka hukumnya. 

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Febrio Kacaribu, mengatakan, pemerintah bakal berupaya memperkuat kerangka hukum untuk mendorong pelaksanaan sekuritisasi aset di dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) pengembangan dan juga serta penguatan sektor keuangan. 

Pemerintah berharap, ini menjadi jalan penguatan kerangka hukum sekuritisasi aset sehingga pelaku usaha akan percaya dan juga serta lebih tertarik untuk menggunakan skema ini. 

Baca Juga :  OJK Sebut Belum Semua Industri Halal Gunakan Bank Syariah

Hariyadi kemudian mengatakan, dengan adanya usaha pemerintah ini, dapat menjadi hal yg positif bagi pelaku usaha karena terdapat alternatif sumber pendanaan. 

Baca serta: OJK berupaya jaga sektor jasa keuangan tetap stabil, ini yg telah dilakukan di 2021

“Paling tidak terdapat opsi untuk mencari pendanaan. Ini dapat menjadi pilihan, selain kredit bank atau leasing. Ini salah satu alternatif pendanaan,” ungkap Hariyadi kepada idnpos.com, Hari Selasa (30/3). 

Baca Juga :  100 Sekolah di Jakarta Mulai Belajar Tatap Muka pada 7 April

Hariyadi lalu menjabarkan kondisi pelaku usaha swasta yg selama ini belum melakukan sekuritisasi aset. Menurutnya, bukan tidak mau, tetapi aset maupun cash flow pelaku usaha swasta berbeda-beda. 

Berbeda dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yg dinilai lebih dapat di dalam memperkirakan pendapatannya, bahkan untuk sekian tahun ke depan sehingga dapat melakukan sekuritisasi aset. 

“Swasta tidak seperti BUMN. Namun, apabila korporasi swasta solid dan juga serta posisi tawar tinggi lebih dapat memberi syarat pada krediturnya. Tapi terdapat serta yg tidak. Sehingga, apabila pengusaha swasta belum sekuritisasi aset, karena kondisi masing-masing berbeda,” tandasnya. 

Baca Juga :  Ketum Rabithah Alawiyah Puji Pendekatan Humanis dan Transparan Kapolri

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yg berkualitas dan juga serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yg dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber Referensi & Artikel : K O N T A N
Saksikan video pilihan berikut ini:

#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video