Home Terbaru Anjing Pelacak Dikerahkan Cari Korban Hilang di NTT

Anjing Pelacak Dikerahkan Cari Korban Hilang di NTT

Berita Populer Terkini April 9, 2021 9:49 am

JAKARTA – Anjing dengan kualifikasi rescue (SAR) dog dikerahkan untuk mencari korban hilang Karena bencana alam yg menerjang wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Pusat Data, info dan juga serta Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan, pihaknya mencatat sejumlah SAR dog dan juga serta K9 diterjunkan untuk membantu di dalam pencarian korban hilang. sampai kini, puluhan warga masih dilaporkan hilang pascakejadian yg dipicu siklon tropis Seroja. Wilayah yg masih melaporkan adanya korban hilang, antara yg lain Lembata, Flores Timur dan juga serta Alor.

“BNPB mendapatkan dukungan Polri dan juga serta Jakarta Rescue untuk membantu operasi pencarian dan juga serta evakuasi dengan SAR dog di tempat tersebut. Jakarta Rescue mengirimkan tujuh SAR dog, sedangkan Polri mengirimkan enam anjing K9,” katanya di dalam siaran pers, Hari Jumat (9/4/2021).

Baca Juga :  Perludem: Pemilu Lima Kotak Dipertahankan, Permasalahan 2019 akan Terulang Kembali

Ia menjelaskan, ketujuh SAR dog Jakarta Rescue yg dikerahkan BNPB ini berasal berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Jakarta Timur dan juga serta Jawa Tengah. Dukungan 1 SAR dog berada di Adonara, sedangkan 4 SAR dog di Lembata. Jakarta Rescue menyiagakan 2 lainnya di Kupang. Rencananya 1 SAR dog akan digerakkan ke Kabupaten Kupang esok hari (9/4).

Baca Juga :  Sebelum Cabut Aturan Investasi Miras, Jokowi Sempat Bertemu 4 Mata dengan Ma'ruf Amin

Sedangkan anjing jenis K9 berasal dari Polri terdiri Belgian Malinois 3 ekor, German Shepherd 2 dan juga serta Pointer 1. Keenam anjing membantu pencarian korban hilang di Adonara sejumlah 3 ekor dan juga serta Lembata 3 ekor. Mabes Polri akan menambah 10 anjing untuk membantu pencarian.

Baca serta : Mensos Naik Motor Tembus Desa Terisolasi di NTT untuk Berikan Bantuan

Sebelumnya, di dalam rapat koordinasi penanganan darurat bencana siklon tropis Seroja, Kepala BNPB Doni Monardo menyampaikan untuk memaksimalkan SAR dog di ketiga wilayah. Terkait dengan penambahan SAR dog, Doni mengarahkan kekuatan tersebut di wilayah Alor.

Sumber Referensi & Artikel : O K E Z O N E
Saksikan video pilihan berikut ini:

Baca Juga :  Viral Video Warga Lepas Ribuan Ekor Lele, Netizen Sebut Tradisi Masyarakat Tionghoa