Home Terbaru Alokasi sementara kurang bayar DBH TA 2020 capai Rp 9,91 triliun

Alokasi sementara kurang bayar DBH TA 2020 capai Rp 9,91 triliun

Populer kabar Video March 30, 2021 3:49 pm

Reporter: Bidara Pink | Editor: Tendi Mahadi

IDNpos – JAKARTA. Kementerian Keuangan menetapkan alokasi sementara kurang bayar Dana Bagi Hasil (DBH) Tahun anggaran 2020.  Ketetapan ini tertuang di dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) no. 25/PMK.07/2021 tentang penetapan kurang bayar, lebih bayar, dan juga serta alokasi sementara kurang bayar DBH pada tahun 2021. 

Sebelumnya, DBH ialah dana yg bersumber berasal dari Anggaran Pendapatan dan juga serta Belanja Negara (APBN) kepada daerah berdasarkan angka persentase tertentu berasal dari pendapatan negara untuk mendanai kebutuhan daerah di dalam rangka pelaksanaan desentralisasi. 

Sementara kurang bayar DBH ialah selisih kurang berasal dari DBH yg dihitung berdasarkan realisasi rampung penerimaan negara dengan DBH yg telah disalurkan ke daerah atau DBH yg dihitung berdasarkan prognosis realisasi penerimaan negara pada satu tahun anggaran tertentu. 

Baca Juga :  Mendung Selimuti Kawasan Puncak Bogor, Bendung Katulampa Siaga 4

Baca serta: Pemerintah tetapkan kurang bayar dan juga serta lebih bayar DBH tahun 2021

Pemerintah menetapkan alokasi sementara kurang bayar DBH Tahun anggaran 2020 sebesar Rp 9,91 triliun. “Ini terdiri berasal dari kurang bayar DBH Pajak sebesar Rp 7,9 triliun dan juga serta kurang bayar DBH Sumber Daya Alam (SDA) sebesar Rp 2,01 triliun,” tulis pemerintah di dalam Pasal 6. 

Terperinci, alokasi sementara kurang bayar DBH Pajak yg dimaksud terdiri berasal dari kurang bayar DBH Pajak Penghasilan (PPh) sebesar Rp 5,95 triliun, kurang bayar DBH Pajak Bumi dan juga serta Bangunan (PBB) sebesar Rp 1,69 triliun, dan juga serta kurang bayar DBH Cukai Hasil Tembakau (CHT) sebesar Rp 263,22 miliar. 

Baca Juga :  Kecelakaan Tunggal Terjadi di Tol Dalam Kota Arah Tanjung Priok

Sementara, alokasi sementara kurang bayar DBH SDA yg dimaksud terdiri berasal dari kurang bayar DBH SDA Minyak dan juga serta Gas Bumi sebesar Rp 244,47 miliar, kurang bayar DBH SDA Mineral dan juga serta Batubara sebesar Rp 1,19 triliun. 

Kemudian terdapat kurang bayar DBH SDA Panas Bumi sebesar Rp 114,74 miliar, kurang bayar DBH SDA Kehutanan sebesar Rp 295,92 miliar, dan juga serta kurang bayar DBH SDA Perikanan sebesar RP 160,92 miliar. 

Baca serta: Sri Mulyani cerita soal penanganan pandemi Corona ke Menlu Singapura

Penyaluran alokasi sementara kurang bayar DBH Tahun anggaran 2020 kepada daerah provinsi, kabupaten, dan juga serta kota akan ditetapkan dengan Keputusan Menteri Keuangan yg ditandatangani dari Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan atas nama Menteri Keuangan. 

Baca Juga :  Gegara Pohon Tumbang, KRL Jurusan Tanah Abang - Sudimara Terganggu

Beleid ini mulai berlaku sejak tanggal diundangkan, yaitu per tanggal 22 Maret 2021 dan juga serta mencabut 52 PMK terkait.  

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yg berkualitas dan juga serta bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yg dapat digunakan berbelanja di KONTAN Store.


Sumber Referensi & Artikel : K O N T A N
Saksikan video pilihan berikut ini:

#Share
#Facebook #Twitter #Youtube #Video